APLIKASI PEMBELAJARAN TARI TRADISIONAL INDONESIA SEBAGAI MEDIA PENGEMBANGAN BAKAT PADA GENERASI Z BERBASIS WEB

Main Article Content

Fitria Gustiani
Kevin Sujono
Reza Arya Maulana
Dwi Ade Handayani Capah

Abstract

Pada pandemi covid-19, pemerintah membatasi kegiatan masyarakat untuk mengurangi penularan virus corona. Salah satu dampak pembatasan tersebut yaitu pada kegiatan pendidikan. Pendidikan terbagi menjadi dua yaitu pendidikan formal dan pendidikan non formal. Pada pendidikan formal telah di atur oleh pemerintah dengan sistem pembelajaran jarak jauh. Sedangkan untuk pendidikan non formal pada pembelajaran masih ditentukan oleh masing-masing pihak penyelenggara. Sanggar Swargaloka adalah sebuah organisasi nirlaba yang menggunakan budaya tradisional sebagai basis keseniannya yang selama pandemi mengharuskan kegiatan pembelajaran dihentikan sementara. Tidak hanya kegiatan pembelajaran, acara yang diselenggarakan sanggar terkena dampaknya. Sehingga minat masyarakat dalam belajar tari di Sanggar mulai berkurang. Dari permasalahan tersebut maka dibuatlah aplikasi pembelajaran tari sebagai media untuk masyarakat khususnya generasi z dalam belajar tari tradisional. Aplikasi dibuat menggunakan metode PIECES dalam menganalisa sistem berjalan dan untuk membangun sistem menggunakan metode Prototype. Hasil penelitian adalah aplikasi pembelajaran tari berbasis web dengan fitur seperti kursus, membantu calon peserta mempelajari tari tradisional dengan guru tari yang dilakukan secara online camera selama pandemi dan menjadi media untuk memberikan informasi kepada masyarakat mengenai kegiatan pembelajaran dan acara seni yang diselenggaran oleh sanggar swargaloka. Untuk kedepannya penulis berharap sistem ini dapat dikembangkan dari segi pembayaran, baik pembayaran kursus dan acara seni menggunakan sistem payment gateway.

Article Details

How to Cite
Gustiani, F., Sujono, K., Arya Maulana, R., & Ade Handayani Capah, D. (2021). APLIKASI PEMBELAJARAN TARI TRADISIONAL INDONESIA SEBAGAI MEDIA PENGEMBANGAN BAKAT PADA GENERASI Z BERBASIS WEB. JURNAL ILMIAH BETRIK : Besemah Teknologi Informasi Dan Komputer, 12(3), 278-288. https://doi.org/10.36050/betrik.v12i3.399
Section
Articles

References

Amalia, R. (2017). Aplikasi Ensiklopedia Lagu dan Tarian Tradisional Indonesia Berbasis Android. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 2(1), 20. https://doi.org/10.32493/informatika.v2i1.1501
Astuti, Y. T., Lestari, W., & Cahyono, A. (2021). Sikap Siswa Terhadap Pembelajaran Seni Tari Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Ilmiah, 21(1), 101–110. https://doi.org/10.31599/jki.v21i1.445
Damayanti, N. R. (2017). E-TIKET TARI BARONG DAN KERIS WEB ENGINEERING. JUSIM (Jurnal Sistem Informasi Musirawas), 2(1), 59–64. https://doi.org/10.32767/jusim.v2i1.14
Febryan, R., Euclerr, R. I., Wardaningsih, Y., & Masya, F. (2020). Web-Based Event Seminar Registration Information System Application. Jurnal Riset Informatika, 2(3), 159–168. https://doi.org/10.34288/jri.v2i3.144
Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286
J. Rahmadoni. (2018). PERANCANGAN SIMULASI PEMBELAJARAN KRIPTOGRAFI KLASIK MENGGUNAKAN METODE WEB BASED LEARNING. INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science, 1(1), 34–43. https://doi.org/10.31539/intecoms.v1i1.160
Kurniawan, F., Ruliansyah, R., & Kadafi, M. (2019). Sistem Informasi Penyedia Layanan Kursus di Kota Palembang. Jusifo, 5(1), 39–50. https://doi.org/10.19109/jusifo.v5i1.5007
Kurniawati, L. D., & Azizah, E. N. (2019). Analisis Pembelajaran Tari Tradisional Penthul Melikan pada Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Modern, 5(1), 22–31. https://doi.org/10.37471/jpm.v5i1.64
Kusumaningtyas, R., Sholehah, I. M., & Kholifah, N. (2020). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Guru Melalui Model dan Media Pembelajaran bagi Generasi Z. Warta LPM, 23(1), 54–62. https://doi.org/10.23917/warta.v23i1.9106
Pramukantoro, E. S., & Yahya, W. (2016). Belajardisini : The E-learning Framework Based on Gamification Concept. Journal of Information Technology and Computer Science, 1(1), 38. https://doi.org/10.25126/jitecs.2016116
S Pressman, R. (2012). Rekayasa Perangkat Lunak Edisi Ke-7. In Software Engineering: A Practitioner’s Approach (7th ed.). Penerbit Andi.
Sentosa, E. D., Fitri, I., & Iskandar, A. (2021). Penerapan Algoritma Crawling dalam Otomatisasi Verifikasi Pembayaran Tiket Seminar. Jurnal Media Informatika Budidarma, 5(1), 129–137. https://doi.org/10.30865/mib.v5i1.2578
Sonalitha, E., Yuniarti, S., Prihatiningsih, B., & Prasetya, A. Y. (2017). Peningkatan Pelestarian Seni Tari Wayang Orang Melalui Video Pembelajaran. Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 2(1), 63–69. https://doi.org/10.26905/abdimas.v2i1.1293
Sritimuryati, S. (2019). Perkembangan Tari Moriringgo Di Kabupaten Luwu Timur: Kajian Historiografi Tarian Tradisional. Walasuji : Jurnal Sejarah Dan Budaya, 10(1), 23–32. https://doi.org/10.36869/wjsb.v10i1.36
swargaloka.id. (2021). Swargaloka - Menjaga tradisi, menebar inspirasi. Www.Swargaloka.Id. https://swargaloka.id/