REDESIGN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE APLIKASI WASTU MOBILE MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING

Main Article Content

Rahmat Alamsyah
Imam Maruf Nugroho
Syariful Alam

Abstract

Aplikasi Wastu Mobile merupakan aplikasi mobile yang hadir untuk menunjang misi STT Wastukancana untuk menjadi kampus terdepan berbasis digital di wilayah Purwakarta, Subang, Karawang. Wastu Mobile memberikan kemudahan bagi semua penggunanya untuk mengakses segala informasi terkait kampus STT Wastukancana. UI dan UX memiliki peran penting yang menghubungkan antara sistem dengan pengguna dari segi kenyamanan dan kemudahan bagi user dalam menggunakan sebuah produk. Pada penelitian sebelumnya, hasil akhir rata-rata SUS yang didapat pada aplikasi Wastu Mobile termasuk ke dalam kategori yang kurang baik, serta belum dapat diterima dengan cukup oleh pengguna berdasarkan skala penilaian SUS tersebut. Maka dapat disimpulkan bahwa kenyamanan pada aplikasi tersebut kurang baik dan perlu dilakukan pembaruan dengan tujuan untuk memberikan kemudahan dalam menggunakan aplikasi Wastu Mobile. Dalam penelitian ini, peneliti menerapkan metode Design Thinking pada perancangan ulang user interface pada Wastu Mobile dengan tujuan untuk mempermudah pengguna dalam menggunakan aplikasi tersebut. Penelitian ini menghasilkan prototype redesign aplikasi Wastu Mobile dengan hasil rata-rata SUS 84, dimana angka tersebut termasuk dalam grade A serta dapat diterima oleh pengguna.

Article Details

How to Cite
Alamsyah, R., Nugroho, I. M., & Alam, S. (2022). REDESIGN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE APLIKASI WASTU MOBILE MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING. JURNAL ILMIAH BETRIK : Besemah Teknologi Informasi Dan Komputer, 13(2), 152-159. https://doi.org/10.36050/betrik.v13i2.506
Section
Articles

References

DAFTAR RUJUKAN
Ariawan, M. D., Triayudi, A., & Sholihati, I. D. (2020). Perancangan User Interface Design dan User Experience Mobile Responsive Pada Website Perusahaan. JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, 4(1), 161.
Fariyanto, F., Suaidah, S., & Ulum, F. (2021). Perancangan Aplikasi Pemilihan Kepala Desa Dengan Metode Ux Design Thinking (Studi Kasus: Kampung Kuripan). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 2(2), 52–60.
Goeinawan, V. T., Natadjaja, L., & Salamoon, D. K. (2021). Perancangan Ulang Company Profile JawaPos.com Sebagai Media Informasi dan Promosi. Jurnal DKV Adiwarna, 1(18), 11.
Haryuda, D., Asfi, M., & Fahrudin, R. (2021). Perancangan UI/UX Menggunakan Metode Design Thinking Berbasis Web Pada Laportea Company. Jurnal Ilmiah Teknologi Infomasi Terapan, 8(1), 111–117.
Tirtadarma, E., Waspada, A. E. B., & Jasjfi, E. F. (2018). Kajian Peranan Desain UX (Pengalaman Pengguna) - UI (Antar Muka Pengguna) Mobile Application Kategori Transportasi Online terhadap Gaya Hidup Bertransportasi Masyarakat Urban. Jurnal Seni Dan Reka Rancang: Jurnal Ilmiah Magister Desain, 1(1), 181207.

DB Error: Unknown column 'Array' in 'where clause'