Analisa Pengaruh Penerapan E-Learning Terhadap Keaktifan Mahasiswa Dalam Kegiatan Belajar Mengajar

Main Article Content

Sasmita

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk untuk menganalisa pengaruh penerapan e-learning terhadap keaktifan mahasiswa pada kegiatan pembelajaran di Sekolah Tinggi Teknologi Pagar Alam sehingga menjadi masukan dalam hal pengembangannya ke depan menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). Variabel-Variabel yang digunakan ada 5 (lima) variabel yaitu Kegunaan persepsian (perceived usefulness), Sikap terhadap menggunakan teknologi (Attidute towards using technology, Minat perilaku menggunakan teknologi (Behavioral Intention to USe) kemudahan penggunaan persepsian (perceived ease of use)19,dan Penggunaan Teknologi Sesungguhnya (Actual Techology Use). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dari penyebaran kuesioner pada 150 mahasiswa pengguna e-learning di Sekolah Tinggi Teknologi Pagar Alam. Metode analisis menggunakan Structural Equation Modelling (SEM). Pengolahan data menggunakan SPSS.

Article Details

How to Cite
Sasmita. (2016). Analisa Pengaruh Penerapan E-Learning Terhadap Keaktifan Mahasiswa Dalam Kegiatan Belajar Mengajar. JURNAL ILMIAH BETRIK : Besemah Teknologi Informasi Dan Komputer, 7(01), 19-27. https://doi.org/10.36050/betrik.v7i01.9
Section
Articles

References

Arikunto, 1997, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Bhineka Cipta, Jakarta. Davis,1989, Perceived Usefullness, Perceived ease of use of Information Technology . Management Information System Quarterly. Dedi, 2013, Structural Equation Modeling. ElFalesi Publishing, Bandung Ferdinand, 2002, Structural Equation Modeling dalam Penelitian Manajemen : AplikasiModel-Model Rumit dalam Penelitian Untuk Tesis Magister & Disertasi Doktor Edisi 2.Universitas Diponegoro, Semarang.
Ferdinand, 2002, ‘Structural Equation Modeling dalam penlitian Manajemen’. Semarang, Universitas Dipenogoro. Ghozali, 2006, Model Persamaan Struktural Konsep dan Aplikasi dengan Amos. Universitas Dipenogoro, Semarang Jogiyanto,. 2007, Sistem Informasi Keperilakuan. Andi, Jogyakarta. Jogiyanto, 2008, Sistem Teknologi Informasi. Andi, Jogyakarta. Munir, 2009, Pembelajaran Jarak Jauh, Alfabeta, Bandung. Sardiman, 2005, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada Sekaran, 1992, ‘Research Methods For Business a Skill-Building Approoach’. Jh Wiley dan Jons, Toronto. Sri, T, 2014, ‘Pengaruh pemanfaatan e-learning terhadap prestasi belajar mahasiswa’, Jurnal Ilmiah SINUS. Sugiyono, 2008, Metode Penelitian Kuantitatif, kalitatif dan R&D. Cv. Alfabeta, Bandung. Sudaryono, 2011. Theory and Application of IT Research. Andi. Jogjakarta.