PENERAPAN APLIKASI E-SURAT PADA KANTOR PERBEKEL DESA KUKUH KECAMATAN KERAMBITAN, TABANAN

Main Article Content

I Kadek Susila Satwika
I Putu Susila Handika
I Nyoman Buda Hartawan

Abstract

Pengelolaan surat khususnya pada instansi kedinasan merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Karena segala bentuk pencataan kegiatan berada pada arsip surat masuk maupun surat keluar. Namun selama ini proses pencataan surat pada Desa Kukuh Kecamatan Kerambitan, Tabanan masih dilakukan secara manual. Sehingga proses dari awal surat masuk sampai surat di disposisi membutuhkan waktu yang lama. Berdasarkan permasalah tersebut, kebutuhan yang diperlukan untuk menunjang proses bisnis pengelolaan surat masuk, mekanisme disposisi, serta pembuatan laporan kegiatan adalah membangun sebuah sistem informasi E-Surat. Setelah dibangun sistem informasi E-Surat yang mampu mengelola surat masuk, mekanisme disposisi, serta pembuatan laporan, dilakukan pembinaan kepada SDM pada Pemerintahan Desa Kukuh untuk mengelola dan mengoptimalkan sistem E-Surat. Dengan adanya aplikasi E-Surat, permasalahan yang dialami oleh perangkat Desa Kukuh dapat diatasi.  Dimana proses manajemen surat dapat dilakukan dengan lebih mudah, dan proses disposisi menjadi lebih cepat. Dari hasil jejak pendapat yang dilakukan bahwa 100% sudah bisa mengunakan aplikasi E-Surat, namun 75% (6 dari 8 staff Desa) yakin aplikasi E-Surat dapat membantu proses pengelolaan surat.

Article Details

Section
Articles