PELATIHAN PROMOSI ONLINE UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN PEMASARAN PRODUK KUE BANJAR JOMBANG
Main Article Content
Abstract
Di era industri 4.0, daya saing bisnis tidak dapat dihindari. Meningkatnya penggunaan internet
oleh publik dan bisnis merupakan ciri khas Revolusi Industri 4.0. Keadaan ini mendorong berbagai
inovasi dan kemajuan teknis mutakhir untuk mempercepat prosedur komersial di berbagai industri.
Misi Indonesia untuk menjadi negara keempat terbesar pada tahun 2024 berdampak pada banyaknya
industri berlomba dan berupaya untuk meningkatkan diri [1], persiapan disegala aspek dibutuhkan
untuk dapat mencapai misi tersebut seperti produk berkualitas, SDM unggul dan berkarakter, pekerja
dan modal, Usaha Kue Banjar milik Ibu Machmudah adalah usaha yang bergerak di bidang makanan
ringan, yang mengolah resep bahan adonan menjadi kue banjar, berdiri sejak tahun 1990an dalam
perjalanannya usaha kue Banjar Milik Ibu Macmudah mengalami pasang surut, ditengah persaingan
usaha sejenis, untuk mengatasi permasalahan tersebut dan usaha tetap bertahan di tengah kondisi
pandemi Covid-19, Pengabdi dan tim melaksanakan kegiatan pelatihan promosi online untuk
Meningkatkan Pengetahuan Pemasaran Produk Kue Banjar agar tetap bertahan dimasa masa sulit
kondisi pandemi covid-19 seperti saat ini. Metode pelaksanaan pengabdian yang akan digunakan
pelaksanaan pengabdian ini adalah dengan melaksanakan; a. wawancara, b. ceramah, c. tanya jawab.
Kegiatan tanya jawab untuk mengetahui pemahaman mitra terkait materi promosi Online, praktek dan
aplikasinya. Hasil kegiatan pengabdian ini diketahui bahwa ada peningkataan pengetahuan mitra
terkait pengetahuan pemasaran produk kue banjar melalui pelatihan pemasaran online.